Joomla! Blog Indonesia

Blog Joomla! | Panduan Joomla! | Tutorial Joomla!

10 Website Joomla Paling Populer

Hingga Juli 2012 ini Joomla! CMS telah didownload lebih dari 30 juta kali di seluruh dunia. Joomla! juga CMS yang paling populer di seluruh dunia dengan pengguna 2,7% dari 1.000.000 website besar di seluruh dunia. Jelas sudah Joomla! semakin populer dan semakin dapat diandalkan untuk membuat website-website besar.

Di tulisan ini saya akan mengangkat 10 website besar di seluruh dunia yang menggunakan Joomla! CMS sebagai website mereka, 10 website tersebut diantaranya adalah :

1. Harvard University - The Graduate School of Arts and Sciences

harvard-university

Sekolah Pasca Sarjana Seni dan Ilmu Pengetahuan Universitas Harvard menggunakan Joomla 2.5 sebagai web CMS ditambah dengan komponen K2 sebagai alternatif penyajian konten yang lebih kaya untuk website mereka. Desain kustom mereka sajikan sebagai template website Joomlanya memberikan tampilan yang sederhana namun tetap mewah.

2. Website Resmi Joomla! CMS

joomla-org-website

Tentunya website resmi Joomla! CMS juga menjadi salah satu website Joomla! yang paling populer. Dengan traffic tiap bulan lebih dari 5 juta pengunjung di seluruh dunia website Joomla.org dapat menjadi acuan utama para pengguna Joomla! CMS yang ingin membangun website dengan traffic pengunjung yang tinggi. Berdasarkan informasi yang saya peroleh website Joomla.Org masih menggunakan Joomla versi 1.5 dengan beberapa komponen pendukung seperti Phoca Documentation, K2, JomSocial, Tidy, Google Ad Manager dan template dibuat oleh Kyle Ledbetter dan Gary Gisclair dari PixelPraise. Hanya saja jika benar web joomla.org masih menggunakan Joomla versi 1.5, menurut saya satu kecerobohan para pengembangnya, mengapa demikian..? Karena jelas sejak bulan Maret 2012 lalu para pengembang inti telah sepakat untuk tidak lagi memberikan dukungan bagi Joomla versi 1.5 dan versi di bawah 1.5, semoga saja informasi tersebut tidaklah benar.

3. TheHill.Com

joomla-showcase-the-hill

TheHill merupakan website harian berita yang terdiri dari banyak berita video dan blog yang disajikan dengan sangat baik. Website dengan traffic tiap bulan mencapai lebih dari 5 jutaan ini masih sangat cepat diakses oleh para pengunjungnya. TheHill menggunakan Joomla versi 1.5 dan extensions Disqus Comment dan desain kustom untuk templatenya.

4. Quizilla.com

quizilla

Quizilla merupakan bagian dari Nickelodeon Kids & Teen yang menyajikan berbagai macam Quiz, Cerita, Puisi dan Lirik. Webiste Quizilla memiliki traffic pengunjung yang sangat tinggi, setiap bulannya lebih dari 200 juta pengunjung yang mengunjungi website tersebut. Website Quizilla merupakan Joomla CMS yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan mereka. Meskipun demikian website tersebut dapat menjadi pelajaran kita terutama dari sisi traffic pengunjung yang sangat tinggi dan tampilan yang menarik dapat dijadikan referensi.

5. Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia

kemenkumham

Website berikut merupakan website resmi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia yang dibuat menggunakan Joomla versi 1.5. Dengan beberapa extensions seperti Raxo All Mode Pro, Gavick News Pro, Eventlist dan template yang didesain khusus. Website dengan traffic pengunjung lebih dari 500 ribuan per bulan ini cukup cepat diakses, tentunya website Joomla seperti ini dapat menjadi referensi kita dalam mengembangkan website Joomla dengan traffic yang cukup tinggi.

 

6. Linux.Com

joomla-showcase-linux-com

Website Linux.Com merupakan website komunitas yang menyajikan informasi utama mengenai perkembangan Linux di seluruh dunia. Dengan menggunakan Joomla versi 1.5 dan beberapa extensions seperti Frontpage Slideshow, Community Answers. Yang menarik adalah pemanfaatan extension Community Answers yang menyajikan fitur tanya jawab yang secara dinamis dapat dilakukan oleh setiap pengunjungnya, sehingga website tersebut sebagai media utama untuk bertukar informasi mengenai pengetahuan tentang Linux.

 

7. JoomlaGov.Info

joomlagov

 

JoomlaGov.Info merupakan website yang dibuat khusus sebagai direktori website pemerintahan di seluruh dunia yang menggunakan Joomla. JoomlaGov.Info baru saja meraih penghargaan JandBeyond Conference 2012yang di selenggarakan di Bad Nauheim, Jerman. Menggunakan Joomla versi 2.5 dan extension K2 dan Google Maps Api version 3, dengan desain kustom bergaya minimalis namun tetap elegan. JoomlaGov.Info dapat dijadikan referensi bagi para pengembang website pemerintahan yang menggunakan Joomla sebagai CMS utamanya.

 

8. MTV Yunani

joomla-showcase-mtv-greece

MTV Yunani adalah website resmi Channel Music Television yang berlokasi di Yunani. Menggunakan Joomla versi 1.5 dan extensions K2, Frontpage Slideshow, Custom Code dan template yang didesain khusus oleh Keegot.

 

9. The Fashion Spot

joomla-showcase-fashion-spot

The Fashion Spot merupakan website komunitas fashion yang mencakup para desainer, fotograper dan model. Website dengan pengunjung lebih dari 3 jutaan tiap bulannya ini menggunakan Joomla versi 1.5 dan extensions Frontpage Slideshow yang digunakan untuk menampilkan artikel dalam format slideshow.

 

10. United Nations Regional Information Centre for Western Europe UNRIC

joomla-showcase-unric-website

UNRIC merupakan PBB yang khusus melayani negara-negara di wilayah Eropa Barat. Website yang menggunakan Joomla versi 1.5 dan extensions Roktabs, Issuu Smart Look ditambah dengan desain yang elegan dengan paduan warna yang manis dibuat berdasarkan RocketTheme Gantry Framework.

 

Demikian 10 website yang menggunakan Joomla! CMS dan dapat dibilang website yang populer karena dengan lalu lintas pengunjung yang cukup banyak setiap bulannya. Semoga dapat menjadi referensi anda yang selalu bekerja menggunakan Joomla CMS.

Sumber :

1. http://steveburge.com/blog/open-questions/the-most-popular-joomla-sites/

2. http://magazine.joomla.org/issues/Issue-July-2012/item/800-10-most-popular-websites-using-Joomla

Tentang Penulis
MicoKelana
Sekilas tentang penulis
Mico Kelana adalah Developer Joomla Indonesia yang berlokasi di Tangerang Selatan. Kelanasolution.com merupakan website yang dikelola mandiri olehnya untuk para komunitas joomla Indonesia.
Artikel Terbaru

Artikel Terkait